Computer Based Instruction (CBI)

B.    Computer Based Instruction (CBI)
CBI (Computer Based instruction) adalah sebuah pembelajaran terprogram yang menggunakan komputer sebagai sarana utama atau alat bantu yang mengkomunikasikan materi kepada siswa (indro, 2010). Pada CBI komputer menjadi pusat pembelajaran (center of learning) dimana siswa berperan aktif dalam mempelajari suatu materi dengan media utama komputer.
Terkadang orang sringkali menyamakan metode CBI dengan CAI (Computer Assisted Instruction) padahal keduanya merupakan 2 metode yang berbeda. Adapun perbedaannya : 
a. CAI : Peran guru tidak semuanya hilang dan komputer hanya berperan sebagai pendamping guru dalam menyampaikan materi pembelajaran.
b. CBI : Komputer menjadi pusat pembelajaran dimana siswa berperan aktif dalam mempelajar suatu materi dengan media utama komputer.

Computer Based Instruction (CBI) merupakan istilah yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran yang menggunakan komputer dalam proses belajar mengajarnya. CBI merupakan istilah umum untuk segala kegiatan belajar yang menggunakan komputer, baik sebagian maupun keseluruhan ( Hermawan, 2003)
Pembelajaran berbasis komputer didalam kelas pada hakekatnya tidak dapat berdiri sendiri. Dibutuhkan kerjasama diantara setiap pihak didalam kelas.
Walaupun didalam CBI ini komputer memegang peranan vokal, namun posisi guru tidak dapat digantikan sepenuhnya. Peran guru yang pada konsep pembelajaran tradisional bersifat sebagai  mediator dan pusat pembelajaran, pada konsep CBI guru lebih berperan sebagai organisator dan fasilitator pembelajaran.
Di semua bidang teknologi, kepakaran dari pengguna dalam menggunakan suatu teknologi merupakan faktor yang dapat menentukan keberhasilan teknologi tersebut. Demikian pula dengan pengguna TIK didalam kelas, meskipun kebanyakan software multimedia memiliki ciri-ciri mudah digunakan (user friendly) tetapi kemahiran pengajar dan peserta didik menggunakan software multimedia merupakan faktor penting dalam menetukan keberhasilan dalam proses belajar mengajar.
Selanjutnya Bramble mengemukakan kemampuan yang harus dimiliki oleh guru dalam pembelajaran CBI meliputi :
1. Pengoprasian dan pemeliharaan perangkat keras
2. Pengetahuan tentang pemilihan perangkat lunak yang sesuai untuk pengajaran
3.  Integrasi pengajaran dan pembelajaran melalui komputer dalam kurikulum
4. Mengetahui teknik-teknik pengajaran menggunakan komputer
5. Mengetahui tentang fungsi bantuan pengajaran (instructial support functions) yang disediakan oleh suatu komputer
6. Kepekaan terhadap teknologi terkini
Adapun kemampuan yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran berbasis TIK meliputi :  
1. Pengetahuan dalam mengoprasikan perangkat keras
2. Kemampuan menggunakan dan mengperasikan perangkat lunak 
3. Pemahaman tentang pengoperasian dan peraturan-peraturan keamanan dalam menggunakan perangkat keras dan lunak
4. Pengetahuan tentang tindakan yang perlu dilakukan apabila masalah-masalah yang terjadi kemudian bermunculan.
   
    
 


   

1.     


    




 
Previous
Next Post »